Inilah Penyebab Pikun di Usia Muda (Demensia)

Apa Penyebab Masih Muda Sudah Pikun? "Demensia" adalah bahasa ilmiah untuk "Pikun", atau disebut juga "Penyakit Lupa". Pikun alami terjadi seiring dengan fungsi memori otak yg menurun karena usia. Seperti yg kita tahu, Pikun itu sering terjadi pada usia tua, tapi ternyata Pikun juga bisa menyerang di usia muda loh.

Sebuah situs Metronews.com mengeluarkan hasil penelitian yg menyatakan kasus Dementia di usia muda lebih tinggi dari sebelumnya. Orang yg ber-usia antara 18-39 tahun memiliki masalah memori lebih parah dibandingkan orang yg ber-usia 40-60 tahun. Hal ini terjadi karena gaya hidup dan tingkat stress di usia muda lebih tinggi.

Penyebab Pikun di Usia Muda

Berikut inilah hal-hal yg bisa menyebabkan mudah lupa di usia muda yg perlu diketahui:

* Jarang Mengasah Otak
Seperti halnya kemampuan lain, kemampuan otak juga perlu diasah untuk menajamkan daya ingat. Pikun di usia muda ternyata bisa disebabkan karena malas mengasah otak. Jarang mengasah kemampuan otak bisa menyebabkan kemunduran daya ingat.

* Pola Tidur Salah
Begadang mungkin telah menjadi bagian gaya hidup anak muda. Tapi, ternyata pola tidur yg salah ini berbahaya dan bisa menyebabkan kepikunan.
Saat tidur otak akan mengingat informasi yg terjadi dalam sehari. Karena saat tidur otak bekerja menggabungkan memori eksplisit dan implisit didalamnya. Kurang tidur malam membuat fungsi tersebut bisa terganggu.

* Stress dan Depresi
Stress berat atau depresi yg dialami pada usia muda akibat gaya hidup yg salah menyebabkan seseorang menjadi pelupa.
Hal ini dikarenakan saat merasa depresi dan cemas kemampuan untuk berkonsentrasi dan menyimpan informasi dalam otak terganggu.

* Konsumsi Alkohol
Konsumsi alkohol gak disarankan bagi anak muda. Pasalnya konsumsi alkohol di usia muda sangat berbahaya bagi kesehatan dan bisa menurunkan daya ingat. Terparahnya suka mengkonsumsi alkohol bisa menyebabkan gangguan memori jangka panjang.
Minuman beralkohol yg masuk kedalam tubuh bisa memicu kerusakan saraf dan juga menyebabkan otak kekurang kadar vitamin B12 yg dibutuhkan.

* Menggunakan Obat-Obatan
Penyalahgunaan obat-obatan terlarang memang sangat berbahaya bagi kesehatan dan jiwa para remaja. Efek terparah menggunakan obat-obatan terlarang bisa merengut nyawa. Tapi efek awalnya bisa menyebabkan dementia. Konsumsi obat-obatan sangat buruk bagi otak dan bisa merusak fungsi memori otak.

Kalo kalian para remaja dan anak muda yg gak mau terkena Pikun di usia muda, coba perhatikan dan hindari penyebab mudah lupa di usia muda diatas. Itulah sedikit penjelasan dan informasi tentang Penyebab Pikun di Usia Muda yg bisa kalian ketahui. Semoga bermanfaat. Disalin Bolay dari sumber Metronews.com, DreamersRadio.com dan Yahoo.com.